penghayal yang tak bisa sembuh

Senin, 29 Juni 2009

ego kaum urban di era informatika

Tadi pagi sebelum berangkat saya menonton acara di televisi , obrolan tentang centralself ato central person yah pokoknya tentang mereka yang sibuk dengan ego nya masing masing terutama pada orang orang yang gemar ber Facebook ria dan teknologi dunia maya lainnya yang membuat mereka terbuai melupakan di sekitarnya. Mereka mengandalkan ego nya masing masing untuk membahagiakan dirinya sendiri. dan mereka itu ada. di acara itulah segala hal dibicarakan.

Membicarakan gaya hidup kaum urban memang tak akan ada habisnya. kehidupan perkotaan sebagai latar belakang menjalankan tuntutan kemobilitasan menjadikan penduduk kota berpikir pragmatis. yg penting selametin diri sendiri dulu! pernah gak lo mikir gtu? gw pernah
dan gw begitu karena terbawa arus (mungkin) kehidupan urban itu.
gw sambil nonton sambil mikir "kita orang kota membicarakan orang kota juga?"menilai kehidupan mereka juga??...apa kita gak masuk ke dalam bagian nya? "ahh itu mungkin hal yang biasa dalam acara talk show di televisi" begitu pikir gw
tapi kalau ini menjangkit seluruh warga kota bahaya juga. gw bayangin nya aja udah ngeri.
simple pemikiran gw "biarin deh gw yg punya ego itu toh gw cuman satu dari ribuan orang di kota ini!" mampus aja kalo semua orang punya pikiran kayak gw

Balik soal masalah dunia maya yg tadi disorot. kemajuan teknologi yang memudahkan akses ke dunia maya atau internet semakin mudah dimiliki orang kota. Tapi opini yg berkembang penggunaan internet di Indonesia belum pada peningkatan produktivitas masih pada konsumerisme...yah contohnya gw lah buka internet untuk facebook, friendster,chatting, dsb,dst,dll yang semua cuman buang2 duit dan waktu (katanya) salah satu penelepon bilang gtu
menurut gw waktu tanpa dibuang pun akan berjalan dan duit kalo mau banyak pun jangan hanya ditabung! boleh dong gw pembelaan..hehe. ini karena orang kota yang ngomongin orang kota itu tadi.
bahkan narasumber jga bilang semoga pencipta facebook masuk sorga aja deh karena udah berjasa menjalin sulahturahmi kembali pada orang orang yg dalam pencarian. tuh kan orang kota lagi yg comment
tapi kalo facebook menjadi fakebook repot juga...yah namanya jga dunia maya, sah sah aja menurut gw. dunia nyata aja masih banyak yang palsu apalagi dunia maya yang gak jelas juntrungannya.

Dari semua itu sih intisari nya jangan sampai kita lalai dan terbuai oleh teknologi dan dunia maya di era informatika ini. toh teknologi diciptakan untuk membantu manusia dan menjadikan peradapan manusia menjadi lebih baik dan orang kota perlu untuk lebih peka lagi terhadap lingkungan sekitarnya jangan terjebak dalam centralself nya masing masing..
......... (ahh sok tau lu ndra lu juga orang kota kan???

3 komentar:

Melati Pratiwi mengatakan...

emang kerasa banget egoisme di kota. kalo lagi di angkot aja, orang2 uda pada sibuk dengerin mp3, fesbuk-an di angkot pake hape,nelpon..uda jarang yang ngobrol satu sama lain..kerasa banget deh..

daytripper mengatakan...

ia betul. padahal dulu jangankan ngobrol , gw sering amen halma di mikrolet bareng penumpang laen, supirnya kadang ikutan
aku cinta kota

anonymous mengatakan...

pasti yang dapet jodoh lewat media online kurang setuju sama postingan ente...


*contohnya gita, wahahahaha

cuci tangan disini !!

ShoutMix chat widget